Senin, 03 Oktober 2016

Unknown

MENGENAL JENIS TOOLBAR PADA AUTODESK INVENTOR

        Saat ini kita akan mempelajari mengenai berbagai macam toolbar yang ada pada Inventor. Perlu untuk diketahui bahwa menu toolbar yang ditampilkan tergantung dengan jenis tugas (format file) yang dikerjakan. Jadi, menu toolbar pada tugas pembuatan part (.ipt) dengan tugas perakitan part (.iam) akan berbeda, begitu pula menu toolbar yang muncul saat proses pembuatan sketch juga akan berbeda. Berikut adalah beberapa contoh dari menu yang tersedia di program inventor :

Gb 1.1 : Jendela Kerja Autodesk Inventor.
       Dari jendela kerja di atas selanjutnya akan menampilkan beberapa menu panel bar ke dalam beberapa jenis sesuai jenis pekerjaannya, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. The Sketch Tab and Sketch Tools.


2. The 3D Model Tab and Model Tools.


3. The Assembly Tab and Assembly Tools.


4. The Presentation Tab and Presentation Tools.

5. The Drawing Tab and Drawing Tools.

       Saat kita selesai membuat sketsa dengan menggunakan sketch tab, klick pada tombol paling kanan maka selanjutkan sketch tab akan tertutup dan beralih ke 3D model tab serta memunculkan toolbar yang sesuai untuk pekerjaan modeling. Begitu pula saat kita sedang melakukan pekerjaan perakitan part maka yang aktif adalah toolbar pada assembly tab. Pada pembahasan selanjutnya kita akan lebih mempelajari tentang fungsi dan cara kerja pada masing –masing tools.

Daftar Pustaka :
Hidayat, Nur.2011. Autodesk Inventor Mastering 3D mechanical Design. Bandung :
Informatika.
Waguespack, Curtis. 2013. Mastering Autodesk Inventor 2014 and Autodesk Inventor LT 2014.
Indianapolis : John Wiley and Sons, Inc.

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :