Senin, 10 Oktober 2016

Unknown

Mengenal Jenis Dan Fungsi Toolbar Draw Bagian 1

1. Line       Toolbar line digunakan untuk membuat garis vertial, horisontal, garis singgung ataupun garis yang tegak lurus dengan cara klik pada titik awal dan titik akhir untuk menjadikannya sebuah garis. Sedangkan untuk membuat sebuah garis singgung adalah dengan cara klik pada titik awal dan klik pada titik yang dijadikan titik acuan, selanjutnya tarik sesuai dengan besaran sudut yang akan dibuat.
 
Gambar 1.1 : Cara Membuat line.
2. Circle
       Toolbar circle digunakan untuk membuat sebuah lingkaran. Ada 2 cara untuk membuat lingkaran yaitu dengan Center Point Circle dan Tangent circle.
       A. Center Point Circle
       Toolbar Center Point Circle digunakan untuk membuat sebuah lingkaran dengan menggunakan sebuah titik tengah. Caranya dengan menentukan titik tengah lingkaran dan kemudian secara dinamis tentukan besar radius ( jari – jari ) lingkaran dengan mouse.

Gambar 1.2 : Cara Membuat Center Point Circle.
       B. Tangent Circle
       Toolbar Tangent Circle digunakan untuk membuat lingkaran dengan cara menentukan 3 sisi untuk membuat lingkaran. Ketika 3 sisi telah ditentikan maka akan terlihat preview dari lingkaran yang akan dibuat. Klik untuk menjadikannya sebuah lingkaran.

Gambar 1.3 : Cara Membuat Tangent Circle.
3. Arc
       Toolbar Arc digunakan untuk membuat sebuah garis busur. Terdapat 3 cara dalam membuar Arc yaitu dengan Three Point Arc, Tangent Arc, dan Center Point Arc.
       A. Three Point Arc
       Toolbar Three Point Arc digunakan untuk membuat sebuah garis busur dengan menentukan 3 titik sebagai titik awak, titik akhir, dan titik radius. Cara membuatnya adalah yang pertama dengan menentukan 2 titik sebagai titik awal dan titik akhir dan terakhir menentukan titik ke-3 sebagai titik radius busur.
 
Gambar 1.4 : Cara Membuat Three Point Arc.
       B. Tangent Arc
       Toolbar Tangent arc digunakan busur yang bersinggungan ( sebagai kelanjutan dari titik awal ). Cara membuatnya adalah dengan cara klik pada titik akhir sebuah garis sebagai titik awal garis busur yang akan dibuat. Dan secara otomatis busur tersebut akan bersinggungan dengan garis awal, dan klik titik kedua untuk meletakkan posisi busur.

Gambar 1.5 : Cara Membuat Tangent arc.
       C. Center Point Arc
       Toolbar Center Point Arc digunakan untuk garis busur dengan bertumpu pada sebuah titik tengah dan dua buah titik awal dan akhir. Cara membuatnya adalah yang pertama menentukan titik tengah dan selanjutnya secara dinamis tentukan besar radius busur dengan cursor.

Gambar 1.6 : Cara Membuat Center Point Arc.
 

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :